Andaliman Sumut, Perdana Terbang Ke Timor Leste

Kategori : TINDAKAN KARANTINA


Kualanamu (17/05) Dengan total 1,6 Kilogram olahan Andaliman dibawa langsung oleh Konsul Timor Leste di Sumatera Utara Irwansyah Suwandi yang akan terbang ke Timor Leste. Dengan kesadaran Undang-Undang yang berlaku Di Indonesia beliau datang ke petugas Karantina yang Piket di Bandara untuk mensertifikasi Media Pembawa.

Olahan rempah Andaliman asal Sumatera Utara secara perdana diterbangkan melalui bandara Kualanamu menuju Timor Leste. Olahan Andaliman ini dikemas dalam bentuk teh kantong siap saji atau yang sering disebut teh celup.

Andaliman merupakan rempah khas tanah Batak memiliki sifat sensorik. Selain sebagai penyedap dan bumbu masakan Andaliman di produksi juga sebagai Teh dengan citarasa dan aroma yang berbeda dengan teh pada umumnya.

Sesuai dengan tugas pokok Karantina Pertanian yaitu menyelenggarakan perkarantinaan pertanian dan pengawasan keamanan hayati, setiap Media Pembawa yang akan dilalulintaskan wajib untuk lapor ke Karantina Pertanian. Tidak dilihat dari jumlah atau nilai Media Pembawa tetapi setiap Media Pembawa mempunyai risikonya masing-masing yang harus di cek terlebih dahulu.


  INFO TERKAIT