Australia Pasok Bunga Chrysanthemum Asal Sumut Karena Manfaat Dan Kecantikannya

Kategori : TINDAKAN KARANTINA


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seruni atau krisantemum adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik. Tumbuhan berbunga ini mulai muncul pada zaman Kapur. Bunga seruni adalah bagian dari tumbuhan suku kenikir-kenikiran atau Asteraceae yang mencakup bermacam-macam jenis Chrysanthemum.

SobatQ, bunga Chrysanthemum memilik aroma yang harum serta khas menjadikan bunga ini digemari banyak orang, tak hanya sebagai tanaman hias saja, tetapi banyak juga dijumpai di industri besar, bahkan individu yang menciptakan berbagai macam inovasi berbahan dasar Chrysanthemum, mulai dari perawatan tubuh seperti krim wajah, hand and body lotion, lulur, hingga shampo. Tidak hanya untuk perawatan saja, banyak pula orang yang memanfaatkannya dari segi pangan ataupun minuman, seperti teh Chrysanthemum.

Pejabat Karantina Pertanian Medan Ummu Umaroh,SP dan Ronald Siregar melakukan pemeriksaan bunga Chrysanthemum sebanyak 6400 potong di kecamatan Merek kabupaten Karo Sumatera Utara (Sumut), yang akan di terbangkan ke Australia (15/02).

"Kita melaksankan pemeriksaan fisik dan melihat perlakuan perendaman bunga potong tersebut dengan larutan glyphosat. Perendaman dengan glyphosat gunanya untuk mematikan titik tumbuh supaya bunga potong tersebut tidak bisa di tanam lagi, Karena perbanyakan bunga krisan dengan stek tanaman.

"Dengan di rendam selama 20 menit agar bunga tersebut tidak bisa di tanam lagi," tuturnya.

Ummu juga menjelaskan bahwa kegiatan ini juga untuk mendukung gerakan tiga kali lipat ekspor pertanian (Gratieks) yang telah dicanangkan Kementerian Pertanian.


  INFO TERKAIT