Dinyatakan Sehat 10 Ekor Rusa Totol Terbang Ke Jakarta

Kategori : TINDAKAN KARANTINA


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Medan (16/01) Pagi ini ada yang tak biasa di parkiran wilker kargo Bandara Kualanamu. Petugas Karantina Pertanian Medan melakukan pemeriksaan terhadap 10 ekor rusa jenis totol. Rusa totol yang memiliki nama ilmiah Axis axis ini berasal dari india, memiliki ciri khas bintik-bintik putih pada tubuhnya. Rusa ini memiliki tanduk hampir satu meter dan bercabang tiga namun hanya dimiliki oleh rusa jantan.

Noviandrie sebagai pemohon menjelaskan rusa-rusa ini berasal dari penangkaran yang terdapat di Kabupaten Langkat Sumatera Utara, dimana perusahaannya telah memiliki ijin tangkar dan ijin edar untuk rusa jenis totol. Beliau menambahkan rusa-rusa ini akan diterbangkan ke Jakarta dengan tujuan Kepulaun Seribu.

"Terhadap media pembawa ini kita lakukan dua pemeriksaan antara lain pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan dokumen dan pemeriksaan fisik." Ujar Zureni selaku dokter hewan karantina yang melakukan pemeriksaan. Beliau menambahkan seluruh persyaratan karantina terpenuhi dan hewan tersebut dinyatakan sehat sehingga layak diberangkatkan.

SobatQ, hewan Rusa aja patuh karantina, kenapa kita tidak, yuk bantu kami menjaga NKRI dari serangan HPHK dan OPTK


  INFO TERKAIT