Diterbangkan Ke Sumut, Satu Orangutan Sumatera Siap Kembali Ke Habitatnya

Kategori : TINDAKAN KARANTINA


Kualanamu (25/08) bertempat di Perkantoran Cargo Lini 2 Bandara Kualanamu, Karantina Pertanian Medan melakukan penjemputan sekaligus pengawalan terhadap satwa Orangutan Sumatera. Dalam kesempatan ini Kabalai, Lenny Hartati Harahap didampingi Subkor KH, drh. Rifky Danial turun langsung untuk meninjau proses bongkar muat satwa yang dilindungi ini.

Orangutan yang bernama Jodet merupakan jenis Orang Utan Sumatera atau bernama latin Pongo abelii.

Diketahui Orangutan ini berjenis kelamin jantan yang dikirim dari bandara Internasional Yogyakarta menggunakan pesawat udara Garuda Indonesia (GA118). Untuk menjaga agar tidak terjadi hal diluar kendali, satwa dimasukan kedalam kandang besi yang telah disegel dari kota pemberangkatan.

Kondisi satwa saat ini dalam keadaan baik dan sehat sehingga dianggap mampu untuk di translokasikan dari Yogyakarta ke Sumatera Utara. Nantinya satwa akan dibawa ke Yayasan Ekosistem Lestari di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang dan dikawal oleh Medik dan Paramedik Hewan dari Karantina Pertanian Medan.

Menanggapi hal ini Lenny, Kabalai Karantina Medan mendukung penuh atas apa yang telah diupayakan melalui IKH agar satwa bisa kembali ke habitatnya.

"Nanti akan dimasukan Instalasi Karantina Hewan (IKH) Karantina Medan yang dikelola oleh Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) terlebih dahulu." Ungkap Lenny.

"Kami, sangat mendukung ini karena merupakan komitmen pemerintah dalam menjaga kelestarian sumber daya hayati hewani melalui Perkarantinaan untuk monitoring dari kondisi kesehatan satwa." Pungkasnya.


  INFO TERKAIT