Dukung Gratieks Karantina Medan Ekspor Sarang Burung Walet Milyaran Rupiah

Kategori : TINDAKAN KARANTINA


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sarang burung walet (SBW) yang juga dikenal dengan sebutan Edibles Bird Nest adalah sarang yang tercipta dari air liur burung walet yang telah padat. Air liur yang kemudian membentuk gumpalan itulah yang kemudian banyak dicari dan menjadi salah satu hidangan paling mahal di dunia. Sarang burung walet dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh karenanya, banyak orang yang ingin mengonsumsinya. Selain  bermanfaat untuk kesehatan SBW juga diketahui mengandung Epidermal Growth Factor (EGF) untuk produksi kolagen alami sehingga dimanfaatkan juga dalam dunia kecantikan. Kaya manfaat sehingga SBW asal Indonesia masih menjadi primadona di pasar Internasional khususnya Cina


Selasa (18/05) Pejabat Karantina Pertanian Medan melakukan pemeriksaan terhadap 1987,5 kg SBW milik PT. Originalnest Indonesia yang akan di ekspor ke Cina. Total nilai komoditas ekspor tersebut hampir mencapai 36 Milyar Rupiah. Yohanna Putri dokter hewan karantina yang melakukan pemeriksaan menjelaskan pemeriksaan yang dilakukan  meliputi pemeriksaan dokumen, pemeriksaan  kesesuaian jumlah dan kemasan. Beliau menjelaskan seluruh persyaratan karantina terpenuhi termasuk persyaratan negara tujuan sehingga  SBW tersebut dinyatakan sehat dan dapat diterbitkan Sertifikat Sanitasi Produk Hewan.
Iwan Sanjaya selaku pimpinan perusahaan tersebut menjelasakan ini merupakan ekspor perdana setelah libur lebaran. SBW akan di ekspor ke dua daerah berbeda di Cina. 1384 kg (kemasan 203 koli) akan di ekpor tujuan Guangzhou dan 603,5 kg (kemasan 101 koli) akan diekspor dengan tujuan Xiamen. 
SobatQ meski masih suasana lebaran Karantina Medan tetap melayani sertifikasi, oleh karena itu tetap lapor karantina ketika akan melalulintaskan produk-produk pertanian ya.


  INFO TERKAIT