Giat Rutin Tahunan, Karantina Medan Lakukan Pemantauan OPT/OPTK Di Kabupaten Deli Serdang.

Kategori : TINDAKAN KARANTINA


Medan (10/04), Dukungan Karantina Pertanian Medan tidak hanya berlaku di tempat pemasukan dan pengeluaran yang ditetapkan, namun juga di sentra-sentra komoditas pertanian yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Tentunya melalui kegiatan pemantauan OPT/OPTK berkoordinasi dengan dinas yang membidangi tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan setiap kabupaten/kotamadya setempat.

Pemantauan OPT/OPTK merupakan giat rutin Karantina Medan dan dilaksanakan setiap tahun, dengan tujuan untuk mengetahui dan memperoleh data perkembangan daerah sebar OPTK secara lengkap dan akurat dan juga sebagai bahan pertimbangan dalam mengevaluasi peraturan perundang-undangan Karantina Tumbuhan.

Salah satu wilayah pemantauan Karantina Medan adalah Kabupaten Deli Serdang dengan luas ± 2.808 km2 yang terdiri dari 22 kecamatan dengan 380 desa dan pemantauan kali ini dilakukan di kecamatan Biru - Biru, Sinembah Tanjung Muda Hilir, dan Beringin dengan didampingi petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dari Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang.          

Pemantauan ini difokuskan pada komoditas unggulan daerah seperti pàdi, jagung, kedelai, pepaya, pisang, cabai, kelapa sawit, kelapa, karet, kakao, ubi kayu dan salak. Sesuai surat Kepala Badan Karantina Pertanian nomor S-1270/KR.020/K/1/2019 sebagai OPTK target verifikasi ulang pada pemantauan tahun ini di Kabupaten Deli Serdang adalah Papaya ringspot potyvirus pada tanaman Pepaya, Mycosphaerella fijiensis (Black Sigatoka) pada tanaman Pisang, Raoiella indica pada tanaman Kelapa, Paraeucosmetus pallicornis, Pantoea ananatis, Balansia oryzae pada tanaman Padi, Peronosclerospora sorghi, Pantoea stewartii subsp. stewartii pada tanaman jagung dan beberapa target OPTK lainnya.

Pada kegiatan ini ditemukan beberapa gejala penyakit yang mirip dengan OPTK target yang akan diperiksa lebih lanjut di laboratorium. Selain itu, tim petugas pemantauan juga menginventaris jenis lalat buah dengan memasang trapping lalat buah dengan bahan aktif Methyl Eugenol dan Cue-lure..

SobatQ, pemantauan OPT/OPTK juga mengingatkan kita bahwa Indonesia kaya akan hasil sumberdaya alam yang harus dilestarikan dan harus kita lindungi.

#Karantina Medan
#LaporKarantina


  INFO TERKAIT