Jan Samuel Apresiasi Fasilitas Laboratorium, Maksimalkan Fungsi Pemeriksaan Dan Pengujian nya

Kategori : BKP KELAS II MEDAN


Kualanamu (17/09) Rangkaian kegiatan kunjungan kerja Inspektur Jenderal Kementan, Jan Samuel Maringka di Medan, meninjau salah satu fasilitas di Kantor Induk Karantina Pertanian Medan. Kedatangan Jan Samuel beserta rombongan disambut oleh Kepala Karantina Pertanian Medan, KasubbagTU, Stakeholder Bandara, UMKM, masyarakat, serta seluruh pegawai Karantina Pertanian Medan.

Selanjutnya fasilitas yang ditinjau adalah Laboratorium Karantina Pertanian Medan. Didampingi Lenny Hartati Harahap dan petugas laboratorium, Jan Samuel mengikuti alur prosedur yang ada di dalam Laboratorium.

Dengan melepas sepatu dan menggunakan jas laboratorium Jan meninjau alat dan bahan apa saja yang ada di laboratorium, serta aktivitas pengujian apa saja, hingga jumlah petugas. Kemudian rombongan melihat ruangan - ruangan dan fungsinya .

Lenny Hartati menjelaskan bahwa dalam laboratorium terdapat dua ruang yaitu Laboratorium Karantina Tumbuhan (KT) dan Karantina Hewan (KH). "Didalamnya masih dibagi menjadi tiga ruang lagi menurut jenis pengujiannya," jelasnya.

"Untuk KT, terdapat ruang uji mikologi, entomologi, biomolekuker. Kemudian untuk KH ada ruang uji bakteriologi, virologi, crmaran biologis/uji nitrit" tambahnya lagi.

Dalam kesempatan ini Jan Samuel juga mencoba mengamati mikroorganisme melalui mikroskop di salah satu ruang uji.

"Fasilitas disini cukup lengkap dan canggih, saya harap dengan adanya fasilitas seperti ini dan didukung dengan SDM yang kompeten, maka hasil semua proses pemeriksaan dan pengujian laboratorium akan maksimal, dan jika ada kendala kendala yang ada bisa segera dicarikan solusi" ungkapnya Jan Samuel saat mengunjungi laboratorium.


  INFO TERKAIT