Karantina Bersama Walikota Binjai Tanam Padi Perdana di Binjai Utara

Kategori : BKP KELAS II MEDAN


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kostratani adalah upaya Kementan untuk membangun pertanian dari kecamatan. "Pembangunan pertanian Indonesia akan kita lakukan langsung dari lapangan dikecamatan. Pembangunan itu akan dikawal Kostratani," jalas Walikota Binjai Drs. H. Amir Hamzah,M.AP saat melakukan penanaman padi perdana di area persawahan di desa Cengkeh Turi kecamatan Binjai Utara Provinsi Sumatera Utara, Sabtu(22/06).
"Guna mewujudkan ketahanan pangan pemerintah kota Binjai menggencarkan penanaman padi varietas inpari 32. Pasalnya, produktivitas padi inpari secara kuantitas lebih banyak dari jenis lain dan cocok di kembangkan," tuturnya.
Amir Hamzah juga mengatakan bahwa kota Binjai saat ini sudah surplus terhadap telur ayam, daging ayam, sementara untuk daging lembu, kambing kita masih cukup. Kota Binjai sudah dapat memenuhi kebutuhan pokok di kabupaten Langkat, kota Medan serta kabupaten Deli Serdang. Tetapi ada juga  beberapa kebutuhan pokok kita yang masih di Zona merah seperti padi, dan memang kita belum sanggup memenuhi kebutuhan masyarakat kota Binjai sendiri, dan hal tersebut akibat alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan dan lahan tanaman sawit. Sehingga hal ini yang menjadi tantangan bagi kita, agar bagaimana lahan pertanian kita menjadi efektif dan minimal dapat dipertahankan, jelasnya.


"Beberapa kendala yg dihadapi petani binjai utara saat ini antara lain adalah sulitnya mendapat air sebagai syarat utama untuk penanaman. Kalau air tidak ada jangan harap petani akan bisa menanam padi. Saat ini petani hanya mengandalkan pompa sederhana. Disamping itu sulitnya mendapat pupuk subsidi. Kebutuhan akan bibit juga menjadi kendala. Untuk penanaman bulan september di harapkan kelompok tani sudah harus mendapatkan bibit paling lambat tanggal 1 agustus 2021 ujar salah satu ketua kelompok tani dalam tanya jawab.
"Menyangkut penyediaan pupuk yang tidak tepat waktu dan irigasi menjadi permasalahan dan kedepan akan diperbaiki, kemudian kota Binjai akan menerima bantuan benih padi dari pemerintah pusat sebanyak sepuluh ton,  agar dinas pertanian dan ketahan pangan dapat mendistribusikan ke semua kelompok tani di kota Binjai," tambah Amir Hamzah
Penanaman padi perdana dihadiri Sub Koordinator Karantina Tumbuhan Sudiwan Situmorang,SP.MP, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kota Binjai Ir.Agustawan Kernajaya. Kepala Dinas PUPR kota Binjai, PPL dan kelompok tani.


  INFO TERKAIT