Karantina Medan Patroli Bersama Angkatan Laut di Pelabuhan Tikus

Kategori : TINDAKAN KARANTINA


Medan - Salah satu tugas dan fungsi karantina adalah melakukan pengawasan di tempat pemasukan dan pengeluaran. Kali ini tim Pengawasan dan Penindakan (WASDAK) Karantina Medan melakukan patroli di Pelabuhan Lorong 1 Bagan Pantai Cermin Serdang Bedagai (13/07).

Patroli diikuti oleh tim wasdak yaitu Verdianti Bangun, drh. Zureni dan Darman.

Tim wasdak Karantina Medan menggali informasi tentang lalulintas media Pembawa Karantina yang sering masuk di pelabuhan Lorong 1 Bagan ini. Perlu diketahui bahwa pelabuhan ini adalah pelabuhan yang belum ditetapkan oleh Kementrian Pertanian, sehingga perlu dilakukan pengawasan yang rutin.

Tim wasdak berbincang kepada bapak Karim Simanjuntak selaku pengawas pelabuhan menjelaskan bahwa jarang sekali ada media pembawa Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dan Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) yang masuk melalui pelabuhan ini.

" Mayoritas adalah nelayan yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah sendiri seperti ikan dan kepiting serta hasil laut lainnya " ujar Karim

" Kegiatan patroli rutin ini bertujuan untuk meminimalisir pemasukan media pembawa ilegal yang masuk ke wilayah Sumatera Utara, " ujar Verdianti Bangun

Disaat yang bersamaan, tim gabungan Marinir Angkatan Laut juga melakukan patroli dikawasan tersebut untuk mencegah penyelundupan melalui pelabuhan kecil ini.

" Kita perlu mewaspadai agar komoditas pertanian yang masuk secara ilegal atau tanpa sertifikat kesehatan melalui pelabuhan-pelabuhan kecil seperti ini dapat di ketahui " ujar Zureni Dokter Hewan Karantina.

Segera laporkan ke petugas karantina jika ingin membawa komoditas pertanian baik hewan maupun tumbuhan agar lestari alam yang ada di Indonesia ini.


  INFO TERKAIT