Mendukung Gratieks, Karantina Pertanian Medan Dan Beacukai Siap Bina UMKM Untuk Ekspor

Kategori : BKP KELAS II MEDAN


Kualanamu (01/07) Kepala Karantina Pertanian Medan Lenny Hartati Harahap menghadiri pembukaan Festival UMKM Bea Cukai dan Komunitas Bandara. Festival ini diselenggarakan oleh Bea Cukai Kualanamu di area kedatangan Bandara Kualanamu Deli Serdang.

Dengan menghadirkan 18 UMKM binaan diharapkan nantinya produk dari UMKM binaan Bea Cukai dan Karantina bisa lebih dikenal masyarakat. UMKM yang turut serta dalam festival ini diataranya menjual produk dari sektor pertanian, kerajian, kuliner, dan pernak-pernik lainnya. Selain itu masyarakat juga bisa langsung membeli produk yang dijual oleh UMKM yang turut serta.

"Sesungguhnya ada 60 UMKM yang mendaftar dalam Festival ini, tapi karena keterbatasan tempat jadi hanya 18 yang bisa ikut" ungkap Elfi Haris selaku Kepala Bea Cukai Kualanamu dalam sela-sela kegiatan.

Festival yang diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut ini juga bertujuan untuk mendorong UMKM binaan agar bisa memasarkan produk ke luar negeri. Dengan sinergi bersama komunitas bandara dalam hal ini Karantina Pertanian Medan memfasilitasi atas kendala UMKM dari persyaratan dan dokumen untuk eskpor.

Kepala Karantina Pertanian Medan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatas Festival ini karena sejalan dengan proram Gratieks.

"Kita di komunitas bandara ini akan membuat join klinik ekspor sebagai wadah para UMKM untuk mendapat pembinaan dan dibagi menurut segmentasi produk yang dijual". Ujar Lenny.


  INFO TERKAIT