Targetkan Ekspor, Karantina Sosialisasikan Gratieks Dan Survey Kepuasan Masyarakat Ke Eksportir Dan Pengguna Jasa

Kategori : BKP KELAS II MEDAN


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kementerian Pertanian (Kementan) memiliki program jangka panjang Gerakan Tiga Kali Ekspor (Geratieks) sebagai pendobrak kerja luar biasa dalam peningkatan ekspor Indonesia selama 4 tahun ke depan. Program ini juga biasa disebut sebagai gerakan pemersatu kekuatan seluruh pemegang kepentingan pembangunan pertanian dari hulu sampai hilir.
Terkait hal tersebut, Karantina Pertanian Medan melakukan Sosialisasi Peraturan Perundangan Karantina Pertanian Dalam Rangka Mendukung Program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian (Gratieks) di Aula ruang rapat Kantor di jalan Dusun Lestari Desa Pasar V Kebun Kelapa Kualanamu Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara (08/04).


Kepala Karantina Pertanian Medan drh.Putu Gede Widiarsa Putra,M.Si dalam kesempatannya menyampaikan, bahwa program Gratieks adalah untuk mengoptimalkan potensi ekspor pertanian Indonesia dalam memenuhi pasar internasional.  Disisi lain, program ini juga diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan secara luas di seluruh Indonesia, ujar Gede Widiarsa saat membuka kegiatan.
"Saya berharap dengan adanya pertemuan ini, para eksportir dan pengguna jasa karantina agar lebih meningkatkan ekspornya, dan kami akan terus mendukung dan memfasilitasi persyaratan yang dibutuhkan. Mari tingkatkan ekspor kalian menjadi tiga kali lipat," kata Gede Widiarsa lagi.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan peraturan dan perundangan Karantina Berdasarkan Undang - Undang No.21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan yang di sampaikan dari masing - masing Sub Koordinator Substansi baik Karantina Tumbuhan Maupun Karantina Hewan dan kemudian dilanjutkan acara tanya jawab. Setelah itu dilanjutkan dengan Survey Kepuasan Masyarakat dari tim Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian.  Hadir sebagai moderator Kasubbag TU Prima Indra,SE.M.Si.
Acara diawali dengan penandatanganan Pakta Integritas Wilayah bebas Korupsi (WBK) dari seluruh eksportir dan pengguna jasa yang hadir. 


  INFO TERKAIT