KARANTINA HEWAN DOMESTIK KELUAR


PROSEDUR TINDAKAN KARANTINA HEWAN DOMESTIK KELUAR :

  1. Pemilik Media Pembawa / kuasanya minimal 2 hari melaporkan kepada petugas karantina tentang akan dibawa / diangkutnya suatu Media Pembawa dari pelabuhan/Bandar udara setempat ke area lain di dalam wilayah RI dengan mengisi form KH-1yaitu Permohonan Pemeriksaan Karantina dengan melampirkan dokumen persyaratan yang dipersyaratkan.
  2. Petugas akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap media pembawa yang akan diangkut untuk mengetahui bebas tidaknya media pembawa tersebut dari serangan HPHK serta untuk mengetahui kesesuaian jenis dan jumlah MP.
  3. Jika hasil pemeriksaan kesehatan ternyata bebas dari serangan HPHK (dinyatakan sehat), atau setelah masa karantina dinyatakan sehat, maka diterbitkan Sertifikat Kesehatan Hewan ( KH-9 ), Sertifikat Sanitasi Produk Hewan ( KH-10 ) atau Surat Keterangan untuk Benda Lain ( KH-11 ).
  4. Untuk barang penumpang pada lalu lintas kapal penumpang / pesawat udara, petugas secara langsung memeriksa di counter lalu lintas penumpang. Jika bebas dari HPHK, petugas dapat menerbitkan KH-9, KH-10 atau KH-11. Jika tidak bebas, media pembawa dapat ditahan atau ditolak (tidak diijinkan untuk dibawa) atau dimusnahkan.
  5. Semua tindakan karantina mengakibatkan kewajiban pemilik untuk membayar jasa karantina sesuai dengan ketentuan yang berlaku.