KARANTINA HEWAN DOMESTIK MASUK


PROSEDUR TINDAKAN KARANTINA HEWAN DOMESTIK MASUK :

  1. Pemilik Media Pembawa / kuasanya minimal 2 hari sebelum kedatangan melaporkan kepada petugas karantina tentang kedatangan Media Pembawa dari area lain di dalam wilayah RI dengan mengisi form KH-1 yaitu Permohonan Pemeriksaan Karantina serta melampirkan Sertifikat Kesehatan Hewan ( KH-9 ), Sertifikat Sanitasi Produk Hewan ( KH-10 ) atau Surat Keterangan untuk Benda Lain ( KH-11 ) dari area asal MP.
  2. Koordinator fungsional melakukan pengelolaan penugasan Medik dan Paramedik Veteriner dalam kelompok/individu, dengan Surat Tugas Kepala Balai atau pejabat yang ditunjuknya, melalui penerbitan form KH-2: Surat Tugas, yang berisi penugasan dalam unit / tim untuk melakukan pemeriksaan:
  3. Jika media pembawa tersebut telah disertai KH-9, KH-10 atau KH-11 dari pelabuhan asal dan KH-9, 10 atau 11 tersebut ternyata sah, maka petugas dapat memberikan Sertifikat Pelepasan Karantina ( KH-12 ) untuk MP setelah masa karantina dan dilakukan tindakan karantina.
  4. Jika media pembawa tersebut, tidak disertai KH-9, KH-10 atau KH-11 dari area asal MP, maka diterbitkan KH -8a ( penahanan ) media pembawa tersebut Petugas fungsional Medik Veteriner akan membuat/menerbitkan KH-8a: Surat Penahanan dan proses tindakan karantina akan dilanjutkan apabila pemilik/kuasanya telah melengkapi dokumen-dokumen persyaratan dalam tenggang waktu 14 hari, namun jika persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi dikenakan Tindakan Penolakan ( KH-8b ) dengan tenggang waktu 14 hari. Jika proses penolakan tidak dapat dipenuhi dikenakan Tindakan Pemusnahan( KH-8c).
  5. Jika MPyang dimasukkan tertular dari HPHK, MP tersebut dapat dikenakan tindakan karantina penahanan dan penolakan (tidak diijinkan dimasukkan) atau pemusnahan.
  6. Semua tindakan karantina mengakibatkan kewajiban pemilik untuk membayar jasa karantina sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  7. Setelah dinyatakan sehat dan tidak ditemukan HPHK Gol I, petugas dapat memberikan Sertifikat Pelepasan Karantina (KH-12).