KARANTINA TUMBUHAN DOMESTIK MASUK


PROSEDUR TINDAKAN KARANTINA TUMBUHAN DOMESTIK MASUK :

  1. Pemilik Media Pembawa / kuasanya melaporkan kepada petugas karantina tentang kedatangan Media Pembawa dari area lain di dalam wilayah RI dengan mengisi form SP-1 yaitu laporan pemasukan / pengeluaran / transit MP serta melampirkan Sertifikat Karantina Tumbuhan domestik (KT-12) dari area asal MP.
  2. Jika media pembawa tersebut telah disertai Sertifikat Karantina Tumbuhan domestik (KT-12) dari pelabuhan asal dan KT-12 tersebut ternyata absah, maka petugas dapat memberikan Sertifikat Pelepasan Karantina Tumbuhan Domestik (KT-9) tanpa dilakukannya pemeriksaan kesehatan oleh petugas.
  3. Jika media pembawa tersebut, tidak disertai Sertifikat Karantina Tumbuhan domestik (KT-12) dari area asal MP, maka media pembawa tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan dan jika bebas OPTK, petugas dapat memberikan Sertifikat Pelepasan Karantina Tumbuhan Domestik (KT-9).
  4. Jika MPyang dimasukkan tidak bebas dari OPTK, MP tersebut dapat dikenakan tindakan karantina penahanan dan penolakan (tidak diijinkan dimasukkan).
  5. Semua tindakan karantina mengakibatkan kewajiban pemilik untuk membayar jasa karantina sesuai dengan ketentuan yang berlaku.